Friday, December 4, 2015

UNESCO Menetapkan 3 Genre Tari Bali Sebagai Warisan Budaya Dunia

3 Genre tari Bali ditetapkan sebagai warisan budaya dunia pada sidang ke 10 Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Windhoek. Tiga genre tari bali yang terdiri dari sembilan jenis tarian tradisional resmi dimasukkan ke dalam daftar repersentatif warisan budaya takbenda kemanusiaan atau Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity UNESCO.

Tiga Genre tari tersebut adalah 
1.Tarian Sakral yang meliputi Tari Rejang, Tari Sang Hyang Dedari, dan Tari Baris Upacara.
2.Tarian Semi-Sakral yang meliputi Tari Topeng Sidhakarya, Sendratari Gambuh, Sendratari Wayang Wong.
3.Tarian Hiburan yang meliputi Tari Legong Kraton, Tari Joged Bumbung, Tari Barong Ket "Kuntisraya"

"Saya sampaikan apresiasi kepada siapa saja yang telah turut berupaya memperjuangkan usulan Tari Bali kepada UNESCO,” kata  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dikutip dari situs kemendikbud, Rabu (2/12/2015).

Sebelumnya Indonesia hanya mempunyai enam warisan budaya tak benda UNESCO. keenam warisan budaya tersebut yakni Wayang (2008), Keris (2008), Batik (2009), Angklung (2010), Tari Saman (2011), dan Noken Papua (2012), dengan penetapan tari bali sebagai warisan budaya takbenda UNESCO, sehingga Indonesia mempunyai 7 Warisan Budaya Takbenda Dunia.

7 comments

Wah kita harus bangga nih jadi orang indonesia :D

Keren nih gan, semoga budaya-budaya indonesia yang lainnya juga bisa menjadi warisan dunia.

Budaya indonesia mah dari dulu udah keren... tapi kenapa orang muda kita pake gaya bangsa lain ya ? heran deh.. kita wajib bangga gan.

asli bangga dah jadi bangsa indonesia ini